Wirausaha Berperan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

    71
    Sumber gambar: https://www.entrepreneur.com/en-in/growth-strategies/what-can-you-learn-from-an-entrepreneurship-programme/277625

    Pandemi Covid-19 yang menghantam dan menyebar di seluruh dunia belum sepenuhnya reda. Walaupun begitu, dampak kejadian sudah terasa di masyarakat. Dampak tersebut sangat tampak dalam sektor perekonomian yang akhirnya merembet ke seluruh sektor kehidupan. Pengangguran mengalami peningkatan (Said, 2022) Lebih buruk dari itu, kesejahteraan masyarakat pun mengalami penurunan (Rahman, 2022). Usaha memulihkan perekonomian sedang diusahakan oleh pemerintah. Tetapi, peran penting pemulihan ekonomi akan dipegang oleh pengusaha.

    Pengusaha telah membuktikan peran penting sejak zaman dahulu. Pada abad ketiga belas, daerah Nusantara bagian barat mengalami perkembangan pesat. Berbagai kerajaan muncul di daerah tersebut. Salah satu persamaan menarik dari setiap kerajaan tersebut adalah letak kerajaan tersebut muncul. Mayoritas kerajaan berkembang di daerah pesisir Pulau Jawa dan Sumatera (Kartodirjo, 2019).

    Geografis Nusantara membantu perkembangan kerajaan di pesisir pulau tersebut. Nusantara menjadi daerah yang dilalui pedagang Asia Timur, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Kota di pesisir Sumatera dan Jawa menjadi tempat singgah pedagang. Selain mempercepat perkembangan kerajaan, pedagang yang singgah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat mendapat beragam produk dari daerah lain dan juga memiliki peluang untuk memperjualbelikan barang mereka ke penduduk di daerah lain. Barang dari daerah lain dapat memicu kreativitas masyarakat untuk mengembangkan barang yang mereka perdagangkan.

    Pengusaha mampu mengeluarkan kreativitas dan potensi maksimal pada sistem pasar bebas (Friedman, 2002). Sistem yang mengizinkan setiap individu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Sistem pasar bebas memiliki mekanisme dan hukum yang sesuai dengan kemanusiaan. Individu dapat berkompetisi dan bekerja sama. Individu dapat berproduksi ataupun konsumsi. Individu dapat berpikir, memutuskan dan bertindak mandiri. Pengusaha dapat memaksimalkan potensi bisnis yang digarap dalam sistem ini.

    Pengusaha menjadi penggerak perekonomian dan penumbuh kesejahteraan masyarakat. Masyarakat mendapat berbagai barang yang berguna dan memudahkan kehidupan sehari-hari. Peningkatan kemudahan yang terjadi akan membawa kepuasan yang ada turut meningkat. Pilihan untuk melakukan konsumsi meningkat. Masyarakat                    mendapat keragaman cara untuk mencapai potensi terbaiknya. Karena hal itulah,          kesejahteraan akan meningkat dalam masyarakat.

    Kesejahteraan masyarakat dapat meningkat jika pengusaha mencapai tiga hal. Keberlimpahan barang dan jasa di tengah masyarakat. Efisiensi produksi untuk menurunkan harga. Pembukaan lapangan usaha yang berkelanjutan.

    Keberlimpahan barang dan jasa salah satunya juga dimungkinkan melalui keberadaan    pengusaha. Pengusaha akan mencari peluang untuk mengembangkan usaha yang dimilikinya (Kurniawan, 2020). Usaha tersebut agar senantiasa bertahan dalam pasar akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Keragaman barang dan jasa akan tersedia di pasar. Bukti nyata yang dapat kita tunjuk adalah sektor hiburan. Seseorang dapat mengkonsumsi hiburan yang beragam, seperti menonton drama, menyaksikan tarian daerah, mendengarkan senandung musik penyanyi dan sebagainya. Pillihan untuk memuaskan keinginan banyak. Keragaman ini dapat dinikmati segala kalangan melalui efisiensi produksi.

    Pengusaha berusaha meningkatkan efisiensi yang nantinya akan menurunkan harga barang, sehingga dapat dikonsumsi untuk masyarakat banyak. Usaha untuk meningkatkan keuntungan pada produksi adalah melakukan efisiensi produksi. Produksi akan berusaha menurunkan biaya produksi. Barang dan jasa akan tersedia di pasar dengan harga relatif murah dan dapat dijangkau masyarakat. Masyarakat mengalami penurunan biaya untuk mengkonsumsi, sehingga untuk mencapai kepuasan dapat dicapai dengan biaya lebih rendah.

    Efisiensi produksi dapat dicapai pula melalui produksi yang makin banyak atau perusahaan makin besar. Pengusaha senantiasa membuka lapangan kerja baru. Modal yang didapatkan dari penjualan akan diakumulasikan untuk meningkatkan kapasitas produksi. Produksi bertambah menandakan perlunya penambahan alat produksi dan tenaga kerja. Pasar akan selalu menyediakan lapangan kerja. Masyarakat menyediakan sumber daya manusia untuk pasar. Tenaga kerja akan mendapat upah dari pengusaha. Upah (uang) tersebut menjadi alat yang digunakan untuk mencapai kesejahteraan.

    Pengusaha merupakan profesi penting dalam masyarakat. Mereka berusaha untuk menyediakan beragam barang dan jasa dengan kuantitas besar. Pengusaha berusaha mengefisiensikan produksi agar harga barang dan jasa turun. Skala produksi besar dan efisiensi tinggi dapat dicapai oleh produsen besar. Dalam hal ini, untuk mencapai itu pengusaha senantiasa berusaha untuk membuka lapangan kerja. Dengan demikian, pengusaha merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    Referensi

    Kartodirdjo, S. 2019. Pengantar Sejarah Indonesia Baru: 1500-1900. Ombak.

    Kurniawan, H. 2020. Kreativitas Dan Kompetisi Adalah Inti Dari Kapitalisme. Said, A. A. 2022. Terdampak Covid-19, 40% Pengangguran Berusia 15-24 Tahun.

    Rahman, D. F. 2022. Mengapa Kualitas Hidup Orang Indonesia Terancam Turun di Masa Depan.

    Friedman, M., & Friedman, R. 2002. Capitalism and Freedom. The University             of Chicago Press.