Undangan Diskusi Webinar Suara Kebebasan: Pentingnya Kebebasan Akademis di Lembaga Pendidikan di Indonesia

178

Kebebasan akademis merupakan prinsip yang tidak bisa dipisahkan dari institusi pendidikan, khususnya institusi pendidikan tinggi. Institusi pendidikan merupakan tempat untuk belajar dan menimba ilmu. Hal tersebut akan mustahil dapat dilakukan tanpa adanya kebebasan akademis.

Kebebasan akademis memungkinkan setiap civitas academia dari lembaga pendidikan untuk melakukan studi dan penelitian yang dapat membawa manfaat besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Namun, kebebasan akademis bukan hanya itu. Kebebasan akademis juga harus mencakup kebebasan untuk memberi kritik.

Tanpa adanya kebebasan untuk memberi kritik, maka kebebasan akademis akan sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk diwujudkan. Sayangnya, di Indonesia tidak sedikit para akademisi atau mahasiswa yang justru mendapatkan hukuman karena kritik yang dilancarkannya. Salah satu kasus yang baru-baru ini terjadi adalah kasus yang menimpa pengajar di salah satu perguruan tinggi di Aceh, Saiful Mahdi, di mana ia harus berurusan dengan hukum karena kritik yang dilancarkannya.

Lantas, bagaimana kondisi kebebasan akademis di institusi pendidikan kita sebenarnya? Dan, bagaimana kita bisa mendorong dan memperkuat kebebasan akademis di berbagai institusi pendidikan di Indonesia?

Untuk membahas mengenai topik tersebut, Suara Kebebasan menyelenggarakan diskusi webinar Forum Kebebasan yang mengangkat tema “Pentingnya Kebebasan Akademis di Lembaga Pendidikan di Indonesia”. Menjadi pembicara dalam diskusi ini adalah Ketua Bidang Advokasi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Muhamad Isnur, dan Koordinator Kaukus Indonesia untuk Kebebasan Akademik (KIKA), Dhia Al-Uyun.

Diskusi ini akan dilaksanakan pada:
Hari: Jumat, 22 Oktober 2021
Pukul: 19.00 – 21.00 WIB.

Pendaftaran dapat melalui: https://bit.ly/forkes41

Terima kasih atas perhatiannya. Sampai jumpa! Salam Kebebasan!