Undangan Diskusi Webinar Forum Kebebasan: Politik Hukum Perppu Cipta Kerja

37

 

Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 2/2022 tentang Cipta Kerja, Sabtu, (31/12). Hal ini dilakukan karena pemerintah mengklaim Perppu tersebut menggantikan UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun, sebagian kalangan menyayangkan bahwa lahirnya Perppu tersebut bermasalah. Hal ini lantaran menyalahi dan inkonsisten dengan putusan Mahkamah Konstitusi. Selain itu, alasan genting dan mendesak seperti yang disampaikan pemerintah juga menimbulkan pertanyaan lebih jauh.

Lantas, bagaimana melihat lahirnya Perppu tersebut? Apakah lahirnya Perppu tersebut sesuai dengan proses demokrasi? Bagaimana dampak konstitusional dan kebijakan akibat lahirnya Perppu tersebut?

Untuk membahas mengenai hal tersebut, Suara Kebebasan akan menyelenggarakan diskusi webinar Forum Kebebasan yang mengangkat topik “Politik Hukum Perppu Cipta Kerja” Menjadi pembicara dalam diskusi ini adalah Siti Badriyah (Koordinator Advokasi Kebijakan Migrant CARE) dan Usep Hasan Sadikin (Peneliti Perludem)

Diskusi ini akan dilaksanakan melalui Zoom, pada:

Hari Jumat, 13 Januari 2023

Pukul: 19.00 – 21.00 WIB

Link Pendaftaran: https://bit.ly/Forkes65

Terima kasih atas perhatiannya.