Undangan Diskusi Webinar Forum Kebebasan: Polemik Seputar Kasus Penistaan Agama di Indonesia

179

Polemik seputar kasus penistaan agama masih merupakan isu yang menimbulkan pro dan kontra dalam penegakan hukum di Indonesia. Di satu sisi, secara historis dan hukum, sebagian masyarakat mendorong pentingnya pengaturan terkait penistaan agama agar tidak tercipta konflik horizontal, seperti keresahan dan disintegrasi.

Di sisi lain, tidak sedikit juga yang mengkritik dampak negatif dari pengaturan tersebut. Bagi para penentangnya, pengaturan hukum tersebut berisi banyak pasal karet, yang melanggar kebebasan berekspresi dan berpendapat. Beberapa kasus, seperti Ge Pamungkas, Basuki Tjahaya Purnama, Meiliana, Ade Armando, hingga yang terhangat adalah para staf Holywings yang harus berurusan dengan hukum misalnya, menunjukkan semangat yang berlawanan dengan kebebasan berekspresi dan berpendapat, serta mengancam toleransi dan keberagaman.

Lantas, bagaimana melihat kasus penistaan agama di Indonesia? Bagaimana seharusnya kita menyikapi kasus-kasus yang dianggap sebagai penistaan agama? Bagaimana juga seharusnya kita menyikapi polemik ini dikaitkan dengan kebebasan berekspresi dan kebebasan berpendapat, terutama di tengah menguatnya politik identitas di negeri ini?

Untuk membahas mengenai hal tersebut, Suara Kebebasan akan menyelenggarakan diskusi webinar Forum Kebebasan yang mengangkat topik dengan judul “Polemik Seputar Kasus Penistaan Agama di Indonesia.” Menjadi pembicara dalam diskusi ini adalah Feby Indirani, Penulis Fiksi ‘Bukan Perawan Maria’ dan ‘Memburu Muhammad’.

Diskusi ini akan dilaksanakan melalui Zoom, pada:

Hari Jumat, 8 Juli 2022

Pukul: 20.00 – 22.00 WIB

Link Pendaftaran: https://bit.ly/Forkes53

Terima kasih atas perhatiannya.

Sampai jumpa!

Salam Kebebasan!