Undangan Diskusi Webinar Forum Kebebasan: “Polemik Hukuman Mati di Indonesia”

177

Penerapan hukuman mati merupakan isu yang melahirkan pro dan kontra. Hal ini dapat dilihat di mana aspek hukuman mati memiliki aspek sejarah dan nilai yang melegitimasi pandangan tersebut. Di sisi lain, hukuman mati juga mendapatkan banyak kritik karena hak hidup adalah karunia yang melekat pada individu yang tidak bergantung pada hukum, bersifat universal, fundamental, dan tidak dapat dicabut.

Silang pendapat itu juga dapat dilihat dari fakta bahwa beberapa negara telah menghapus penerapan hukuman mati. Sebaliknya, beberapa negara juga masih menerapkannya, termasuk Indonesia.

Lantas, bagaimanakah melihat penerapan hukuman mati di Indonesia? Apakah penerapan hukuman mati memberikan efek positif dalam penegakan hukum di Indonesia? Apakah hak hidup itu adalah hak yang dapat diambil alih dan sejauh mana batasan negara untuk mengatur hak hidup tanpa merampasnya dari individu?

Untuk membahas mengenai hal tersebut, Suara Kebebasan akan menyelenggarakan diskusi webinar Forum Kebebasan yang mengangkat topik “Polemik Hukuman Mati di Indonesia.” Menjadi pembicara dalam diskusi ini adalah Peneliti Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Maidina Rahmawati.

Diskusi ini akan dilaksanakan melalui Zoom, pada:

Hari : Kamis, 14 April 2022

Pukul: 19.00 – 21.00 WIB

Link Pendaftaran: https://bit.ly/Forkes48

Terima kasih atas perhatiannya.

Sampai jumpa!

Salam Kebebasan!