Undangan Diskusi Webinar Forum Kebebasan: Menilik Sertifikasi Produk Halal di Indonesia

304

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim, sertifikasi halal merupakan salah satu keharusan yang dimiliki oleh hampir semua pelaku usaha di Indonesia, khususnya yang bergerak di bidang pagan atau obat-obatan. Adanya sertifikasi halal untuk sebuah produk sangat penting menyediakan rasa aman dan nyaman bagi konsumen Muslim bahwa produk tersebut tidak mengandung zat-zat yang tidak sesuai dengan hukum dalam agama Islam.

Namun, dalam praktiknya, sertifikasi halal ini juga menimbulkan perdebatan. Salah satu perdebatan yang kerap muncul adalah apakah sertifikasi halal cukup diberikan kepada otoritas satu lembaga saja atau tidak. Selain itu, peran negara untuk mewajibkan sertifikasi halal atau tidak juga tidak jarang menimbulkan perbedaan pandangan dari berbagai pihak.

Lantas, bagaimana kita sebaiknya kita menanggapi hal tersebut? Apakah otoritas untuk mengeluarkan sertifikasi halal cukup diberikan ke satu lembaga saja? Dan apakah peran pemerintah yang ideal terkait dengan sertifikasi produk halal dan mendukung ekonomi pasar yang terbuka dan inklusif?

Untuk mendiskusikan topik tersebut, Suara Kebebasan menyelenggarakan webinar Forum Kebebasan yang mengangkat tema “Menilik Sertifikasi Produk Halal di Indonesia”. Menjadi pembicara dalam diskusi ini adalah Visiting Fellow ISEAS Yusof Ishak Singapore dan Direktur Perpustakaan & Budaya Universitas Islam Internasional Indonesia, Syafiq Hasyim.

Diskusi ini akan dilaksanakan pada:

Jumat, 13 November 2020

Pukul: 20.00 – 22.00 WIB.

Pendaftaran dapat melalui: http://bit.ly/forkes1311

Untuk Zoom link, password, dan meeting ID akan diberikan panitia setelah melakukan pendaftaran.

Terima kasih banyak.

Salam Kebebasan!