Undangan Diskusi Webinar Forum Kebebasan: Kebhinnekaan dan Kebebasan Beragama di Indonesia

108

Indonesia merupakan negara dengan keragaman agama dan kepercayaan yang sangat tinggi. Ada berbagai agama dan aliran kepercayaan yang hidup dan berkembang di negara kita ini. Keragaman kepercayaan yang tinggi ini tentu merupakan sesuatu yang patut kita apresiasi. Namun, tidak jarang keragaman ini juga menimbulkan konflik horizontal.

Berkembangnya kelompok-kelompok keagamaan ekstrim dan intoleran merupakan salah satu permasalahan besar yang muncul di tengah-tengah keragaman yang begitu tinggi ini. Kelompok-kelompok ini tak jarang menuntut konformitas di masyarakat dan memaksa setiap orang untuk mengikuti ajaran keagamaan yang diyakininya lewat ancaman maupun tindakan kekerasan.

Belum lama ini, kelompok Sunda Wiwitan di Kuningan, Jawa Barat, misalnya, menjadi sasaran kelompok-kelompok intoleran tersebut. Kelompok Sunda Wiwitan tidak boleh mendirikan makam oleh sebagian kelompok masyarakat karena dianggap bertentangan dengan keyakinan kelompok masyarakat tersebut. Berbagai kelompok keagamaan minoritas lain, seperti umat Kristiani, Hindu, Syiah, dan Ahmadiyah, juga tak jarang mengalami tindakan intoleransi dan kekerasan di berbagai wilayah.

Lantas, bagaimana cara kita menghadapi kelompok-kelompok intoleran ini dan menjaga kebhinnekaan kita? Dan bagaimana juga langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk melindungi hak setiap warga negara untuk bebas beribadah dan berkeyakinan?

Untuk membahas hal tersebut, Suara Kebebasan menyelenggarakan diskusi webinar Forum Kebebasan yang mengangkat tema “Kebhinekaan dan Kebebasan Beragama di Indonesia”. Menjadi pembicara dalam diskusi ini adalah Tenaga Ahli Utama Kedeputian V, Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Rumadi Ahmad.

Diskusi ini akan dilaksanakan pada:

Hari/ Tanggal: Jumat, 21 Agustus 2020

Waktu: 20.00 – 22.00 WIB.

Pendaftaran dapat melalui: https://bit.ly/341FtDQ

Diskusi akan dilakukan melalui Zoom. Untuk Zoom link, password, dan meeting ID akan diberikan panitia setelah melakukan pendaftaran.

Terima kasih banyak.

Salam Kebebasan!