Undangan Diskusi Forum Kebebasan Webinar: Toleransi dan Kebebasan di Bulan Ramadhan

291

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan paling suci bagi umat Muslim di seluruh dunia, tentunya termasuk juga di Indonesia. Di bulan yang penuh berkah ini, umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari waktu subuh hingga terbenamnya matahari.

Dalam rangka menyambut bulan suci tersebut, tidak jarang berbagai daerah di Indonesia menerapkan berbagai peraturan yang membatasi jam operasi rumah makan, hingga tempat-tempat hiburan. Kota Serang di Provinsi Banten misalnya, belum lama ini mengeluarkan aturan yang melarang rumah makan beroperasi pada jam puasa dengan sanksi penjara tiga bulan atau denda maksimum 50 juta rupiah.

Peraturan tersebut bagi sebagian pihak dianggap sangat penting untuk menjaga kesucian bulan Ramadhan dan toleransi terhadap mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa. Namun, tidak sedikit juga yang mengkritik berbagai peraturan tersebut, yang dianggap berlebihan karena tidak semua orang di Indonesia menjalankan ibadah puasa, dan dapat mematikan usaha orang lain. Lantas, bagaimana kita seharusnya menanggapi berbagai peraturan tersebut?

Untuk membahas topik tersebut, Suara Kebebasan menyelenggarakan diskusi webinar Forum Kebebasan yang mengangkat tema “Toleransi dan Kebebasan di Bulan Ramadhan”. Menjadi pembicara dalam diskusi ini adalah Direktur Serikat Jurnalis Untuk Keberagaman, Alex Junaidi.

Diskusi ini akan dilaksanakan melalui Zoom, pada:
Jumat, 23 April 2021
Pukul: 19.30 – 21.30 WIB.

Pendaftaran dapat melalui: http://bit.ly/forkes30

Terima kasih banyak.

Salam Kebebasan!