Undangan Diskusi Forum Kebebasan: Urgensi Penanganan Demonstrasi yang Berbasis Kebebasan Sipil

98

Demonstrasi merupakan salah satu cara untuk mengutarakan pendapat dan opini di dalam negara demokrasi. Di berbagai demokrasi, termasuk Indonesia, demonstrasi merupakan sesuatu yang lumrah dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya, mulai dari gerakan buruh, kelompok mahasiswa, dan organisasi sosial.

Namun, aksi-aksi demonstrasi ini tidak selalu berlangsung dengan damai. Tidak jarang, berbagai demonstrasi yang dilakukan tersebut diikuti berbagai aksi kekerasan dan vandalisme, seperti perusakan fasilitas umum, pembakaran bangunan, hingga kerusuhan yang menimbulkan korban luka-luka.

Untuk menangani hal tersebut, aparat penegak hukum sebagai institusi yang memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan tentu harus menjalankan tugasnya. Dalam menjalankan tugasnya tersebut, tidak jarang penegak hukum juga melakukan tindak kekerasan terhadap para demonstran.

Lantas, bagaimana sebaiknya kita menanggapi fenomena tersebut? Apakah dimungkinkan mencari jalan tengah antara melindungi kekebasan sipil warga negara untuk menyalurkan opini dan aspirasinya, dan pada saat yang sama keamanan publik juga dapat terjamin dan terjaga?

Untuk mendiskusikan topik tersebut, Suara Kebebasan menyelenggarakan webinar Forum Kebebasan yang mengangkat tema “Urgensi Penanganan Demonstrasi yang Berbasis Kebebasan Sipil”. Menjadi pembicara diskusi tersebut adalah Peneliti Center for Strategic & International Studies (CSIS), Fitri Bintang Timur.

Diskusi ini akan dilaksanakan pada:
Jumat, 30 Oktober 2020
Pukul: 20.00 – 22.00 WIB.

Pendaftaran dapat melalui: http://bit.ly/forkes19

Untuk Zoom link, password, dan meeting ID akan diberikan panitia setelah melakukan pendaftaran.

Terima kasih banyak.

Salam Kebebasan!