Undangan Diskusi Forum Kebebasan: Polemik Politik Dinasti di Indonesia

12

Politik dinasti merupakan salah satu fenomena yang umum terjadi dalam berbagai pemilihan pejabat publik di Indonesia. Dalam berbagai pemilihan di berbagai daerah di negara kita, tidak jarang kita temukan para calon yang memiliki kekerabatan yang sangat dekat dengan kepala daerah, petinggi partai politik, anggota badan legislatif, hingga kepala negara.

Fenomena ini kerap menimbulkan pro dan kontra. Di satu sisi, ada yang berpandangan bahwa praktik tersebut berpotensi menyuburkan praktik nepotisme dan menimbulkan ketidakadilan bagi calon-calon lain yang tidak memiliki kekerabatan dengan elit politik. Namun, tidak sedikit pula yang berpandangan bahwa politik dinasti merupakan hal yang sah saja karena hak untuk dipilih sebagai pejabat negara merupakan salah satu hak dasar yang dimiliki oleh seluruh warga negara tanpa kecuali.

Dalam negara demokrasi seperti negara kita saat ini, hak warga negara untuk dipilih sebagai pejabat publik tentu merupakan salah satu hak dasar yang wajib dilindungi dan dijunjung tinggi. Selain itu, setiap pemilih tentu memiliki hak dan kebebasan untuk memilih siapapun calon yang menurutnya mampu menyampaikan aspirasinya.

Lantas, bagaimana seharusnya kita menyikapi politik dinasti di Indonesia? Dan, bagaimana dampak dari hal tersebut terhadap demokrasi di negara kita?

Untuk membahas mengenai hal tersebut, Suara Kebebasan menyelenggarakan diskusi webinar Forum Kebebasan yang akan mengangkat tema “Polemik Politik Dinasti di Indonesia”. Menjadi pembicara dalam diskusi ini adalah pendiri dari Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) dan Dosen Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Saiful Mujani.

Diskusi ini akan dilaksanakan pada:

Jumat, 16 Oktober 2020

Pukul: 20.00 – 22.00 WIB.

Pendaftaran dapat melalui: https://bit.ly/34oUluK

Untuk Zoom link, password, dan meeting ID akan diberikan panitia setelah melakukan pendaftaran.

Diskusi akan dilakukan melalui Zoom dan disiarkan langsung di channel YouTube CokroTV melalui: http://bit.ly/WebinarCokroTVPolemikPolitikDinastiDiIndonesia

Terima kasih banyak.

Salam Kebebasan!