Undangan Diskusi Forum Kebebasan: Globalisasi dan Proteksionisme di Masa Pandemi

368

Dunia saat ini sedang menghadapi gelombang proteksionisme dan kecurigaan terhadap globalisasi. Fenomena keluarnya Britania Raya dari Uni Eropa, yang dikenal dengan istilah Brexit, dan naiknya para pemimpin nasionalis seperti Donald Trump di Amerika Serikat merupakan beberapa contoh fenomena yang menandai meredupnya semangat globalisasi dan kerjasama internasional antar negara.

Munculnya virus COVID-19 di akhir tahun 2019 lalu, yang sejak bulan Maret 2020 dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO, saat ini telah mengubah keseharian miliaran penduduk di seluruh dunia. Berbagai negara di dunia menutup perbatasan mereka dan jutaan tenaga kerja terancam kehilangan pekerjaan sebagai dampak dari pandemi tersebut. Lantas, apakah pandemi COVID-19 akan membuat dunia semakin tertutup, atau akan membawa globalisasi, keterbukaan dan kerja sama internasional, kembali naik ke permukaan?

Untuk membahas mengenai hal tersebut, Suara Kebebasan menyelenggarakan diskusi webinar Forum Kebebasan yang mengangkat tema “Globalisasi dan Proteksionisme di Masa Pandemi”. Menjadi pembicara dalam diskusi ini adalah Evaluation Specialist Asian Development Bank (ADB), Ari Perdana.

Diskusi ini akan dilaksanakan pada:
Jumat, 7 Agustus 2020
Pukul: 19.00 – 21.00 WIB.

Pendaftaran dapat melalui: https://bit.ly/2EI7TrT

Diskusi akan dilakukan melalui Zoom. Untuk Zoom link, password, dan meeting ID akan diberikan panitia setelah melakukan pendaftaran.

Terima kasih banyak.

Salam Kebebasan!