Undangan Diksusi Forum Kebebasan Webinar

427

Paruh kedua abad ke-20 menjadi saksi dari pertarungan dua gagasan besar dunia, yang diwakili oleh dua negara terkuat di dunia. Pasca Perang Dunia II, Amerika Serikat dan Uni Soviet terlibat dalam Perang Dingin, di mana Amerika Serikat membawa ide-ide demokrasi dan sistem ekonomi pasar. Sementara, Uni Soviet membawa gagasan komunisme dan sistem ekonomi terpusat.

Namun, 29 tahun yang lalu, perang ini berakhir. Uni Soviet secara resmi hancur pada 31 Desember 1991, dan menyisakan Amerika Serikat sebagai satu-satunya negara adidaya di dunia. Tidak hanya Uni Soviet, negara yang mengadopsi sistem ekonomi terpusat juga mengalami kehancuran, atau melakukan reformasi ekonomi besar-besaran sepanjang dekade 1980-an ke arah ekonomi pasar untuk mencegah kebangkrutan dan kehancuran ekonomi.

Abad ke-20 sudah menjadi saksi akan kedigdayaan dan superioritas sistem ekonomi pasar daripada sistem yang terpusat dan dikontrol oleh negara. Pasar terbukti merupakan instrumen yang paling efisien untuk mengalokasikan sumber daya ekonomi, dan membawa kemakmuran serta mengangkat miliaran jiwa penduduk dunia dari jerat kemiskinan.

Melihat fenomena tersebut, lantas apakah yang menyebabkan kegagalan sistem ekonomi terpusat? Mengapa sistem ekonomi yang dikontrol negara tidak bisa bersaing dengan sistem ekonomi pasar yang terbuka?

Untuk membahas topik tersebut, Suara Kebebasan mengundang teman-teman untuk hadir di acara Webinar Forum Kebebasan, yang bertajuk “Mengapa Sistem Ekonomi Terpusat Gagal?” Menjadi pembicara dalam diskusi ini adalah Peneliti Senior dan Manajer Pengembangan Bisnis Indonesian Stock Exchange (IDX), Poltak Hotradero.

Diskusi ini akan dilaksanakan pada hari

Jumat, 12 Juni 2020.

Pukul: 16.00 – 18.00 WIB.

Pendaftaran: https://bit.ly/2MCAZK7

Webinar in akan dilaksanakan melalui Zoom. Untuk link, meeting ID, dan password Zoom akan diemail panitia setelah melakukan registrasi.

Untuk informasi peserta dapat menghubungi:

Samuella Christy: +62 857-4177-7173

****

Catatan untuk peserta:

  1. Diskusi ini gratis dan terbuka untuk publik, serta terbatas untuk 100 peserta.
  2. Mohon hadir 10 menit sebelum webinar dimulai. Sebelumnya, download aplikasi zoom dan klik tautan yang diinformasikan pada hari webinar.
  3. Cantumkan nama dan lembaga Anda.
  4. Mohon mikrofon dipastikan dalam keadaan mute saat webinar berjalan.
  5. Akan ada sesi diskusi setelah paparan pembicara. Tolong pastikan Anda memberi tanda ‘mengangkat tangan’ saat ingin bertanya atau berkomentar agar dapat dicatat Moderator.
  6. Tunggu giliran Anda bicara, setelah dipersilakan oleh Moderator.

Terima kasih.

Salam Kebebasan!