Penghargaan Ulang Tahun Ekonom Favorit Murray Rothbard

415
Sumber gambar: https://snbchf.com/video/b%C3%B6hm-bawerk-uncovered-audio-eugen-von-boumlhm-bawerk-1905/

Cerita kali ini akan mengangkat satu tulisan Joseph T Salerno, Academic Vice President Ludwig von Mises Institute, pada peringatan 171 tahun kelahiran Eugen von Böhm-Bawerk. Galang Taufani, Editor Pelaksana Suara Kebebasan mengangkat dan menerjemahkan tulisan dari Salerno tersebut dari portal mises.org. Berikut artikelnya. Selamat menyimak.

Tanggal 12 Februari ini menandai peringatan 171 tahun kelahiran Eugen von Böhm-Bawerk [1851-1914]). Dalam ceramah yang saya berikan pada konferensi merayakan ulang tahun keenam puluh Murray Rothbard, saya berpendapat bahwa, sebagai ahli teori ekonomi, Murray Rothbard lebih Böhm-Bawerkian daripada mentornya, Ludwig von Mises. Pernyataan saya yang tidak disengaja ini jelas membuat Rothbard terkesan, karena dalam sebuah wawancara beberapa tahun kemudian, dia memberikan jawaban yang menarik untuk pertanyaan “Apakah ada keraguan bahwa Mises adalah pengaruh utama Anda?”

Saya tidak berpikir demikian, tetapi Joseph Salerno pernah memberikan ceramah di mana dia mengatakan Man, Economy, and State lebih berorientasi pada Böhm-Bawerk daripada ­Human Action-Mises.  Saya tidak pernah berpikir seperti itu, tapi itu mungkin benar. Ketika saya mengeja teori modal, saya menggunakan Böhm-Bawerk. Saya tidak memikirkannya karena saya pikir Mises adalah seorang Böhm-Bawerkian dan tidak melihat adanya kontradiksi.

Beberapa tahun kemudian, ketika saya sedang makan siang dengan Murray, dia bertanya kepada saya siapa yang akan saya peringkatkan sebagai ekonom terbesar. Pertanyaan itu membuat saya lengah dan sebelum saya bisa menjawab, dia menyela, “Saya pikir Böhm-Bawerk adalah ekonom terbesar sepanjang masa. Dia mengembangkan sistem teori ekonomi yang luar biasa dan kemudian mempertahankannya melawan semua pendatang.” Sedikit terkejut dengan jawabannya, dengan takut-takut saya menyarankan bahwa saya pikir Mises adalah ekonom terhebat. Dia berpikir sejenak dan kemudian menjawab, “Ya, untuk kasus tertentu bisa digunakan untuk Mises.”

Saya baru-baru ini teringat wawancara Rothbard dan makan siang kami ketika saya membaca memo dan korespondensi dari arsip Rothbard di Mises Institute. Dalam memo tahun 1959 yang mengevaluasi  terjemahan versi bahasa inggris Capital and Interest. Rothbard menulis penghargaan yang luar biasa dan sepenuh hati kepada Böhm-Bawerk yang menunjukkan peran sentralnya dalam pengembangan teori ekonomi, bahkan secara implisit, mempengaruhi sistem teoritik Rothbard. Memo tersebut bertuliskan:

Jika seseorang ingin belajar ekonomi, dan hanya dapat membawa dua buku bersamanya ke pulau terpencil untuk melakukannya, saya akan merekomendasikan mengambil Human Action dan karya Böhm-Bawerk. Buku Böhm adalah pemikiran ekonomi klasik yang hebat sampai sekarang dan jauh dari ketinggalan jaman. Pencapaian ekonomi sejak itu telah lebih ditambahkan ke ekonomi (sebagian besar oleh Mises) daripada menyangkal banyak kontribusi Böhm-Bawerk. . . . Berbeda Ricardo, Marshall atau Keynes yang membingungkan, gaya Böhm-Bawerk memang menyenangkan. . . . Begitulah Capital and Interest-Böhm-Bawerk, yang harus diserap oleh setiap ekonom. Jika sepersepuluh dari waktu dan energi yang telah dicurahkan selama abad ini untuk pekerjaan yang sangat rendah seperti Marshall’s Principles telah dihabiskan untuk pekerjaan ini, sejarah pemikiran ekonomi di zaman kita akan sangat berbeda.

Dari artikel Salerno di atas, dapat dikatakan bahwa Böhm-Bawerk merupakan salah satu pemikir yang sangat terkemuka karena kontribusi terhadap perkembangan pemikiran Mahdzab Ekonomi  Austria. Gagasan dan pemikiran Böhm-Bawerk dalam ekonomi menjadikan karya-karyanya begitu penting dan sangat relevan dalam kehidupan saat ini. Gagasan terkait sumber bunga pinjaman sebagai harga dari pertukaran konsumsi dan produksi dalam waktu tertentu misalnya, menjadikan pemikiran Böhm-Bawerk menjadi penggerak ekonomi yang sangat produktif. Selain itu, pemikiran Böhm-Bawerk terkait perlunya mengurangi peran pemerintah karena dapat berpotensi disalahgunakan oleh kepentingan-kepentingan untuk mencari keuntungan dari kebijakan atau tindakan negara menjadi pelajaran yang sangat penting. Akhirnya, peringatan 171 tahun kelahiran Eugen von Böhm-Bawerk penting untuk kita rayakan dan terus menyelami pemikirannya yang terus relevan hingga saat ini.

Sumber: https://mises.org/power-market/birthday-tribute-murray-rothbards-favorite-economist, diakses pada 25 Februari 2022, pukul 07.00 WIB.