Liberty Talks Suara Kebebasan IG Live Series: ISLAM DAN KEBEBASAN

84

Kebebasan adalah karunia yang melekat atas kehidupan manusia. Nilai-nilai kebebasan, seperti martabat, kemerdekan, kesempatan, dan peluang yang sama telah menjadi motor atas lahirnya penyelenggaraan negara demokratis, penghormatan atas Hak Asasi Manusia (HAM), dan reformasi sipil lainnya. Oleh karena itu, kebebasan sebagai konsep yang universal, tidak dapat dicabut, dan fundamental, serta harus senantiasa didukung, dihormati, dan dijalankan dalam kehidupan baik skala individu maupun negara.

Namun, dalam praktiknya, kebebasan seringkali dibenturkan dengan agama, khususnya Islam. Salah satu perdebatan yang kerap muncul adalah bahwa Islam vis a vis dengan gagasan kebebasan yang dicap sebagai produk filsafat Barat. Meskipun di sisi lain, banyak pandangan sarjana dan intelektual muslim yang mengatakan sebaliknya. Hal ini tentu melahirkan pro dan kontra, termasuk di Indonesia. Perdebatan terkait dengan relasi hal ini tidak jarang memengaruhi kebijakan publik dan berdampak terhadap hak sipil di Indonesia.

Lantas, bagaimana melihat Islam dan kebebasan di beragam aspek kehidupan dari perspektif libertarian? Bagaimana membahas masalah Islam dan kebebasan dari sudut pandang teologis yang tercantum dalam kitab suci? Lalu, bagaimana menelaah Islam dan kebebasan di Indonesia saat ini?

Suara Kebebasan akan membahas hal tersebut dalam Liberty Talks Instagram Live Series, yang bertena, “Islam dan Kebebasan”. Diskusi ini akan menghadirkan Saidiman Ahmad, Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Saksikan di tayangan IG Live @suarakebebasan pada hari Selasa, 5 April 2022, pukul 14.00-15.00 WIB.

Terima kasih.

Salam Kebebasan!